Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri TV Dengan Siaran Digital

Ciri-ciri TV yang Dapat Menangkap Siaran Digital


Ciri-ciri TV Dengan Siaran Didital
Ciri-ciri TV Dengan Siaran Digital



Setelah berpuluh-puluh tahun masyarakat Indonesia telah menikmati siaran TV Analog yang biasa kita saksikan di layar TV kita, kini pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). akan menghentikan penyiaran TV Analog dan akan beralih ke Siaran TV Digital.


Langkah ini di lakukan oleh Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mendukung perkembangan layanan telekomunikasi di Indonesia, demi mendukung Indonesia menuju era Digital G20. siaran TV Analog yang sebelumnya memenui frekuensi antara 328 MHz - 700 MHz, jika menggunakan Siaran TV Digital hanya membutuhkan frekuensi 176 MHz saja. Sementara Frekuensi yang sebelumnya digunakan untuk Siaran TV Anlog dapat digunakan sebagai pendukung perkembangan dunia digital di Indonesia.


Bagi seluruh Rakyat Indonesia dihimbau untuk beralih dari Siaran TV Analaog ke Siaran TV Digital. dengan cara menggunakan Set Top Box (STB) sebagai penerima Siaran TV Digital atau mengunakan TV yang telah mendukung Siaran TV Digital.


Lantas bagaimanakah caranya membedakan TV yang dapat menerima Siaran TV Digital?


Bukan TV Tabung.

Semua TV Tabung tidak dapat menerima Siaran TV Digital. dikarnakan sejak dari di produksinya TV Tabung telah didesain sebagai penerima Siaran TV Analog. bagi anda yang masih memiliki TV Tabung dapat mengunakan Set Top Box (STB) unuk dapat terus menggunkan TV nya.


Bukan TV Plasma

Sama dengan halnya TV Tabung TV Plasma juga tidak dapat menerima Siaran TV Digital. 


TV LED atau LCD yang telah memiliki Fitur (DVB-T2)

TV LED atau LCD yang dapat menerima Siaran TV Digital hanya TV yang telah dilengkapi dengan fitur (DVB-T2). (DVB-T2) adalah Digital Video Broadcasting-Terrestrial second generation) merupakan sebuah fitur yang berfungi untuk menangkap Siaran TV Digital pada TV LED atau LCD.

Produksi TV LED atau LCD dibawah tahun 2021 dapat dipastikan tidak memiliki fitur (DVB-T2) atau dengan kata lain tidak dapat menerima siaran TV Digital, kebanyakan pabrikan TV yang mengincar konsumen Indonesia mulai menetapkan fitur (DVB-T2) pada tahun 2021 ke atas. TV LED atau LCD yang belum memiliki fitur (DVB-T2) agar dapat tetep digunakan untuk melihat tayangan TV dapat menambahkan alat (STB) Set Top Box agar dapat menerima siaran TV Digital.


Untuk memahami lebih jauh tentang Siaran TV Digital Baca tentang  Fungsi Set top Box (STB) atau Jenis-jenis Set Top Box (STB)

Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik