Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Set Top Box (STB)

Fungsi Set Top Box (STB) Pada TV Analog


Set Top Box (STB)
Set Top Box (STB)



Ahir-ahir ini pemerintah tengah gencar untuk mengarakan warganya beralaih ke siaran TV digoital yang sebelumnya masih menggunakan siaran TV analog. Rencana tersebut akan dimualai dengan beberapa tahapan, Tahap pertam pada 30 April 2022, tahap kedua 31 Agustus 2022 dan tahap ketiga 30 November 2022. dalam tahapan tersebut diharapkan bagi anda yang masih menggunakan Siaran TV analag mualai beralaih ke siaran TV Digital.

Sbelum melangkah jauh ke topik pembahasan mengenai Set Top Box (STB), Mari kita ketahui terlebih dauhulu tentang apa itu Siaran TV Analog dan Siaran TV Digital.


Pengertian Siaran TV Analog


Kami kutib dari Wikipedia tentang Siaran TV Analog. 

Televisi analog adalah siaran televisi yang dipancarkan dengan menggunakan variasi voltase dan frekuensi dari sinyal. Televisi analog merupakan sistem penyiaran televisi yang pertama dikembangkan, dengan menggunakan sinyal analog dalam transmisi gambar dan suara. Untuk mendapatkan siaran televisi analog digunakan alat penangkap sinyal yang disebut antena. Pada siaran televisi analog, semakin jauh letak antena dari stasiun pemancar televisi, sinyal yang diterima akan melemah dan mengakibatkan gambar yang diterima oleh pesawat televisi menjadi buruk dan berbayang.

Di Indonesia, program siaran televisi analog adalah program-program yang dipancarkan oleh stasiun swasta nasional yang disiarkan secara gratis atau free-to-air. Sistem yang dipergunakan oleh siaran televisi analog adalah NTSC (National Television System Committee), PAL, dan SECAM. Adapun, siaran analog sendiri dapat ditransmisikan secara terestrial (menggunakan antena), kabel, maupun satelit. Kini, dengan munculnya kemajuan teknologi berupa televisi digital yang lebih baik dan ekonomis, banyak negara telah melakukan proses transisi ke televisi digital sejak 2000-an dalam periode yang berbeda-beda tentunya.


Baca Juga Penyebab Kerusakan Remot


Pengertian Siaran TV Digital


Kami kutip dari sumber Siaran Digital Kominfo mengenai Siaran TV Digital

Siaran televisi digital adalah siaran televisi yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih. Siaran TV digital juga sudah menggunakan teknologi yang canggih, sehingga hanya menampilkan gambar yang kualitasnya bagus atau jernih. Dalam siaran TV digital nantinya, gambar yang ditangkap akan menjadi jernih dan tidak lagi ada gangguan patah-patah atau ‘semut’ ketika sinyal TV digital sulit ditangkap.


Fungsi Set Top Box (STB) untuk TV Analog


Ada berbagai jenis Set Top Box (STB) yang terjual di pasaran namun semua memiliki prinsip kerja yang sama. Lantas bagaimana denga tv yang masih menggunakan siaran tv Analog?? itu merupakan sebuah pertanyaan yang muncul di benak kita. Pertanyaan tersebuat terjawab dengan sebuah alat yang bernama Set Top Box (STB)


Baca Juga Cara Memasukan Token Listrik


Set Top Box atau yang dipersingkat STB dengan nama lain dekoder, receiver dan ada juga yang menyebut sebagai converter. Peranan STB pada TV analog yakni untuk alat konversi sinyal digital jadi gambar dan suara selanjutnya diperlihatkan ke tv analog. Meski memakai Set Top Box, warga masih tetap membutuhkan antena UHF untuk dapat menikmati tayangan tv digital. Set Top Box berperan sebagai pengubah sinyal digital jadi gambar dan suara . Sementara sinyal digital tersebut dapat memanfaatkan antena UHF . Disanalah antena UHF dibutuhkan , yaitu untuk alat tangkap sinyal digital yang selanjutnya diganti jadi suara dan gambar lalu diperlihatkan ke TV analog.



Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik