Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kerusakan Remote

Penyebab kerusakan Remote



Remote
Remote



Kerap kita jumpai Remote control yang tidak bekerja / tidak bisa digunakan . kadang nyebelin .

berikut ada banyak pemicu :


Penyebab 1. bukan remote controlnya yang hancur , tetapi sensor di perangkat (TV/VCD/Compo dan lain-lain ). Pertanyaanya pasti bagaimana kita bisa menentukan remote atau perangkat yang hancur ? jikaada perangkat /remote lainnya yang kemungkinan kita bisa mendapat penghargaan. Tetapi jika tidak ada perangkat atau remote yang lain bisa dipakai untuk coba bagaimana? tenang…. sedikit ada panduan . Remote kontrol bisa ditest bekerja atau mungkin tidak dengan memakai radio AM/MW. Coba hidupkan radio pada gelombang MW/AM, selanjutnya pencet-pencet tombol di remotesegera di dekatkan ke radio barusan . jika di radio kedengaran bunyi "tut" saat tombol ditekan , berati tombol/remote kontrol bekerja, memiliki arti kerusakan yang terjadi pada perangkat tidak pada remotenya . Langkah ke-2 dengan arahkan remote ke sebuah kamera HP.


Penyebab 2 adalah baterai remote habis , jika hasil pengetesan memakai radio didapat analisis remote kontrol yang hancur , hal pertama kali yang harus dilaksanakan adalah , yakinkan batre remote kontrol baik/belum habis. Banyak keluh kesah remote kontrol hancur cuma karena batrenya yang. Karena itu , saat sebelum pelaksanaan perombakan jarak jauh, sebaiknya batre ditukar dengan yang baru .


Penyebab 3 adalah terminal baterai yang berkarat. ini dapat muncul karena baterai meledak dan lembab hingga menyebabkan terminal baterai berkarat. Jika ini terjadi , pasti arus dari batre tidak bisa dipakai untuk tugas elemen aktif remote kontrol , dan remote tidak bisa bekerja. Pemicu tersering penggunaan penggunaan baterai yang murahan yang dapat mengakibatkan karat umumnya baterai tipe ini memiliki kandungan zat berbahaya Mercuri.


Penyebab 4 menemukan papan PCB kotor atau lembab. Ini bisa disaksikan jika remote kontrol telah dibedah . _ Hal yang bisa dilaksanakan adalah membenahi papan PCB dari kotoran, jika tidak ada kotoran yang menempel pada PCB dengan thinner.


Baca Juga Cara Masuk Facktori TV Cina


Penyebab 5 adalah karbon aus /tipis. Umumnya remote kontrol , pada tombolnya di bagian bawah (segi yang kontak dengan PCB) dilapis karbon. jika karbon ini habis/ tipis karena tombol tidak dapat bekerja. Bila karbon telah habis/tipis bisa ditukar dengan susunan almunium voil yang ada pada buntel rokok. Atau dapat diperoleh dengan susunan karbon yang baru( caranya dilapis karbon cair yang telah tersebar dipasaran.Karbon cair ini akan kering ) sebelum beberapa saat dilapiskan ke tombol)


Penyebab 6. adalah led infra merah hancur . Bila Led ini hancur , pasti data/perintah dari remote ini tidak bisa dikeluarkan untuk perangkat yang hendak kitakendalikan.


Penyebab 7. adalah elemen CF yang hancur . elemen ini sebagai pembangkit frekwensi pembawa data/perintah dari remote Kontrol . elemen Bila ini hancur , pasti tidak ada data yang dapat terkirim ke perangkat yang kita kontrol. elemen ini umumnya berupa kotak berkaki 2 ada pula yang berkaki 3. elemen CF umumnya memiliki warna biru/hitam/kuning/oranye.


Penyebab 8. adalah Casing remote yang pecah , hingga tombol yang kita tekan tidak cocok pada tombol di PCB. pasti ini akan mengakibatkan tidak ada data/perintah yang kita masukan ke remote Kontrol .


Penyebab 9. adalah lajur PCB yang hancur . Ini akan menyebabkan tidak bekerjanya remote kontrol. Hal yang bisa dilakukan adalah melakukan / sambungan atau lajur pada PCB .


Penyebab 10. adalah kerusakan elemen aktif pada remote (transistor/IC) jika yang hancur transistor kemungkinan dapat kita tukar dengan elemen semacam dan tipe yang berada di pasaran. Tetapi jika yang hancur adalah IC , umumnya dapat terjadi : harmonika Pemicu


Penyebab 11. ditemukan elemen pasif yang rusak(resistor/kondensator) kerusakan jenis ini jarang-jarang sekali pada Kontrol jarak jauh.

Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik