Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Set Top Box (STB)

 Jenis-jenis Set Top Box (STB)



Set Top Box (STB)
Set Top Box (STB)



Bagai anda yang masih menggaunakan siaran TV Analog bersiap-siap lah untuk migrasi ke siaran TV Digital. Semenjak bulan juli 2021 pemerintah telah mengumumkan kebijakan peraliahan siaran TV Analok ke Siaran TV Digital. Setelah kebijakan ini dumumkan oleh pemerintah maka siran TV Anlog akan mualai dimataikan secra bertahap dimulai pada bulan April 2022 hingga bulan November 2022.


Dengan beralihnya pengunaan siaran TV Analag ke siaran TV Digital maka banyak keuntungan dapat kita ambil. dintaranya adalh mendapatakan resolusi gambar tv yang lebih bagus, kualitas saran tv yang lebih bagaus, tidak banyak ganguan pada siaran tv, selaian itu informsi penting yang ditujukan oleh pemerintah untuk seatau wilayah akan lebih tepat sasaran.


Bagi anda yang masih menggunakan siran tv Analog tentulah membutukan sebuah alat yang bernama Set Top Box (STB) agar terus dapat menggunakan tv analok dirumah anda untuk menikamati siaran TV. dan pada tulisan kami kali ini kami sengaja menghadirkan kusun untuk membahas Jenis-Jenis Set Tob Bok. mudah-mudahan dapat menjadi tambahan informasi bagai anda untuk menentukan jenis Set Top Box yang dapatan anda gunakan dan sesuai dengan yang anda butuhkan. dari berbagai jenis Set Top Box memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penngkap sinyal siran TV Digital dan menubahnya menjadi sebuah gambar dan suara TV. yang memedakan antara jenis Set Top Box adalah cara menangkap siaran tv Digital dan fitur tambahan yang disajikan atara jenis-jenis Set Top Box. Mari kita mulai pada jenis Set Top Box yang paling sederhana.


  • Set Top Box (STB) Teresterial DVB T2

Set Top Box ini merupakan jenis (STB) yang paling sederhana yang hanya dapat menangkap siran tv digital dan merubahnya menjdi gambar dan audionya. Set Top Box jenis ini juga bisa didapatakan secara gratis dari pemerintah bagi warganya yang kurang mampu. tentunya juga Set Top Box ini merupakan yang paling murah dari segi harga, sepadan dengan fiturnya yang minim.


  • Set Top Box (STB) Integrated Digital Televisi

Set Top Box jenis ini merupakan jenis (STB) yang sudah dilengkapi dengan fitur Android atau OS lainya yang dengan  ini ada sudah dapat langsung mengakses internet dari tv anda, dengan catatan ada jaringan wifi. fitur ini juga sudah diterapakan pada TV keluaran baru yang sudah memiliki fitur digital televisi atau smart tv. nah bagi anda yang sudah memiliki tv dengan fitur digital televisi atau smart tv anda tidak perlu lagi membeli Set Top Box.


  • Set Top Box (STB) Satelit

Set Top Box ini dikenal juga dengan Reciver Parabola merupakan Set Top Box yang bekerja dengan cara menangkap sinyal yang diterima oleh parabola yang dapat diterima langsung dari satelit tertentu. Set Top Box ini biasanya digunakan oleh penyedia layanan siaran tv kusus, misalnya Kvision, Spyro, MMC Vision dan lainsebagainy dan tentunya ini merupakan siaran tv berbayar.


  • Set Top Box (STB) Kabel

Set Top Box jenis ini bekerja dengan frekuensi radio yang ditransmisikan melelui serat optik. jika dibandingakan dengan Set Top Box yang menggunakan perabola maka Set Top Box ini memiliki kualaitas yang lebih setabil. biasanya (STB) ini ditawarkan beserta koneksi intenet, tentulah siaran tv ini berbayar yang dengan itu anda dapat mengases siaran tv kabel yang ada di indonesia seperti Tranfidion, Bisnet, Indovision dan lain sebagainya.


  • Set Top Box (STB) Wifi

Set Top Box ini menggunakan sistem DVB-IPTV (Digital Video Broadcast – Internet Protocol Television) dengan kata lain Set Tap Box ini membutuhkan koneksi internet untuk dapat mengakses siaran televisi. tentunya didalamnya telah memuat fitur OS yang dengan ini anda dapat menjalankan internet dari TV. kelebihan lain yang terdapat dalamnya ialah anda dapat menyimpan, memundurkan acara yang terlewat, reimider, melihat stayangan tanpa terbatas jam tayang dan lain sebagainya.


Demikian sedikait penjelasn mengenai macam-macam Set Top Box yang dapat menjadi rekomendasi bagi anada, mudah-mudaan dapat menjadikan pertimbangan bagi anda untuk mementukan Set Top Box (STB) yang ingin anda gunakan dan semoga dapat menjawab kebutuan ada yang tepet.


Baca Juga Ciri-ciri TV Dengan Siaran Digital


Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik