Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Main Board

 Main Board


Main Board
Main Board



Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi seputar Main Board pada LCD TV. Main Board dalam sebauah TV LED merupakan salah satau komponen yang sanagat penting, dimana semua proseh terjadinya gambar, suara dimalai dari sini.

Vungsi utama dari sebuah maian board pada TV LED ialah untuk mengolah berbagai macam sinyal Video analag menjadi sinyal video digital agar sesuai sebelum diumpan ke layar Front Panel Display (FDP)

Main Board dapat dibedakan kedalam dua bagian ialah.

- Bagian Pemerosesan Analog.

- Bagian Pemerosesan Digital.


  • Bagian Pemerosesan Analak

Merupakan peroses awal dari tuner sebagai penerima siaran tv hingga diperoleh sinyal CVBS sinyal pembawa gambar dan sinyal audio. termasuk juga didalam proses ini ialah memilih input, video decoder pemilih sitem video PAL-NTSC menjadi sinyal YUV (Y, CR, CB) dan proseor RF stero seperti NICAM, A2.


  • Bagian Pemerosesan Digital

Proses pengkonfresian dari sinyal analok menjadi sinyal Digital Converter (ADC), dimana berfungsi untuk mengubah sinyal voideo input analaok menjadi sinyal video inpiut digital. inti dari bagaian proses digital ini ialah untuk menyesuwaikan input video digital menjadi sinyal video digital output agar sesuwai dengan resolusi layar FPD. yang selanjutnya diumpan ke LVDS Transmitter (TX). Mikrokontroler juga termasuk dalam proses digital ini diantaranya ialah remot kontrol, pembangkit sinyal RGB OSD, chanel memori, auto search, kontrol on/off, kontrol av, protektor dan lain sebagainya.

Demikian  sedikit penjelasan dari kami mengenai Mother Board, mudah-mudahan dapat menambah wawasan sahabat semua.


Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik