Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panel LCD

 Panel LCD


LCD TV
Panel LCD


Pada sebuah TV LED terdapat suatau panel yang disebuat dengan Panel LCD, Panel LCD merupakan susunan dari Thin Film Transistor Liquid Crystal Display (TFT LCD) didalam Panel LCD terdapat elemen LCD atau Piksel, dari masing-masing pixsel LCD terdapat sebuah Transistor yang berfungsi sebagai pengataur gelap dan terangagnya suatau gambar dan sebagai pengendali hidup atau matainya. jadi banyaknya pixsel yang dirangakai didalam sebuah panel LCD menunjukkan banyaknya jumlah transistor yang terdapat dalam sebuah panel LCD tersebuat. semakain tinggi resolusi sebuah gambar akan emakain tinggi pixselnya dan hasil gambar yang dihasilkan akan semakin bagaus. dalam kesemua rangakaian pixsel yang memiliki transitor tersebuat kemudian dikemas dalam lembaran transparan dan tembus cahaya yang disebut dengan TFT Filem.

dari masing-masing pixsel yang disusun dalam TFT Filem memiliki durasi menyala masing dengan kecepatan tinggi, masing-masing pixel disusun secara berderet yang disebuat dengan deret (Row) dan kolom (Kolume). menyalanya pixel dengan kecapatnnya masing-masing dikendalikan oleh sirkit yang memiliki akifitas metrik driver atau juga disebuat T-Con atau FRC Board. disinilah yang mengataur pixes yang akan menyala dengan tinkat kecerahannya.

Resolusi sebuah panel LCD ditentukan oleh banyaknya pixel yang terdapat dalam sebuah layar LCD. berikut ini jumlah pixel yang banyak digunakan dalam pembuatan panel LCD.

VGA = 640x480

SVGA = 800x600

XVGA = 1024X76

WXGA = 1280x800

SXGA = 1400x1050

UXGA = 1600x1200

WUXGA = 1920x1200

QXGA = 2080x1536


Baca Juga Timing Control (T-Con)