Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langakah-langkah Servis

 Langakah-langkah Servis TV


Alat Servis
Alat Servis



Banyak rekan mekanik , terutama yang pemula dalam servis selalu dalam mencari pemicu kerusakan . Bicara mengenai pemicu kerusakan yang kemungkinan terjadi pada pesawat tv saya jadi ingin berbagi , kemungkinan ada yang punyai pengalaman menarik. terkadang sebelum banyak hal meremehkan pada suatu di tv langsung berlaga dengan Multimeter dan soldernya . Walaupun sebenarnya tehnik semacam ini salah besar, bisa saja Anda menganalisis sampai beberapa lama dan tidak menemukan adanya kerusakan Anda baru mengetahui jika hanya ada satu kerusakan, steker putus hehehe ( keterlaluan klo memang bner )Menurut pengalaman saya sepanjang memperdalam layanan ada banyak


tanda-tanda yang bisa menjadi pertanda satu kerusakan, berikut ini langkahnya : 


-Pandangan ke seluruh sisi PCB targt , resistor yang terbakar, elektrolit elektrolit yang meledak , bunga api yang muncul dari flyback, elemen rengat , rengat leher tabung, sebagai sedikit dari beberapa hal perumpamaan ini .


- Pendengaran,anda bisa dengar bunyi tik tik dan suara tidak normal dari flyback atau transformator,Elko meletus saat bekerja atau ada suara tekanan dari tudung tegangan tinggi pada tabung.


- Penciuman, minyak yang bocor dari kondensator bisa hasilkan berbau yang kuat begitu halnya resistor atau dioda yang terbakar.Atau ada berbau ozon yang tercium di sekitar flyback bisa mangindikasikan ada kebocoran tegangan.


- Sentuhan,anda bisa memakai jemari anda untuk menganalisa satu kerusakan. Namun anda harus sedikit waspada . Yakinkan anda selalu membahayakan setop kontak saat sebelum anda melakukan tindakan ini. Menghitung normal atau tidak panas transistor daya misalkan cukup bila dilaksanakan pada saat unit masih juga dalam kondisi ON. Yakinkan anda tidak menyentuh tanah di saat sentuh elemen yang peka pada listrik statis, IC MICOM misalkan atau eeprom.



Baca Juga Tentang kerusakan Remot




Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik