Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Masalah Pada Siaran atau Chanel TV

 Beberapa Masalah Pada Siaran atau Chanel TV


Pada tulisan saya kali ini saya akan membahas beberapa permasalahan pada siaran atau chanel TV. tentu saja kerusakan seperti ini banyak sekali faktornya, di karena kan proses perjalanannya yang begitu panjang. namun saya tidak akan membahasnya secara mendalam, saya hanya akan mengutip beberapa permasalahan yang umum dan sering di alami TV yang sering terjadi pada daerah yang berhubungan langsung dengan tuner. tentu saja kerusakan tersebut masih ada rester atau nois yang terlihat pada layar TV.

1. VT (Voltage Tuning) Tegangan VT pada umumnya sebesar 33 volt. pada tipe tune VS (Voltage Synthesizer) atau FS (Frequency Synthesizer) sering juga disebut tuner PLL keduanya memerlukan tegangan 33 volt sebagi penyimpan chanel TV yang nantinya akan ditampilkan sebagai siaran TV yang dipilih. untuk perbedaan dan cara kerja kedua tuner tersebut dapat kita bahas di tulisan yang lain.

- Akibat yang timbul bila tegang VT ini hilang adalah chanel TV tidak ada sama sekali. 

- Bila tegangan VT drop maka beberapa chanel TV akan hilang, khususnya pada pada chenel yang memiliki Frekuensi tinggi.

-Apabila tegangan VT tidak stabil akan mengakibatkan chenel menghilang sendiri atau bergeser.

2. MP atau BP merupakan tegangan VCC untuk kerja tuner. tegangan tuner berfariasi antara 5 - 12 volt.


Baca Juga Data Pin dan Persamaan Flayback TV KONKA


- Apabila tegangan ini hilang dapat menyebabkan chanel TV tidak ada samasekali.

- Bila tegangan drop akan mengakibatkan sinyal TV jelek atau gambar buram.

- Bila tegangan ini berubah-ubah akan mengakibatkan chanel bergeser atau siaran kadang jernih dan kadang jelek.

3. Tuner tuner juga sering mengalami kerusakan dengan gejala yang beragam bergantung pada blok atau jalur mana yang mengalami kerusakan. kerusakan tuner dapat di analisa dari beberapa ciri.

- Tidak ada gambar sama sekali.

- Gambar atau chanel tidak bersih atau nois

- Beberapa chanel tidak dapat ditangkap

- Tegangan yang menuju tuner drop (tuner kongslet)

4. VL, VH, VU, BL, BH, BU, B1, B2, V1,V2 Pin ini merupakan pemilih band TV VHF Low VHV High dan UHF. apa bila jalur ini mengalami kerusakan maka chanel yang berada pada band tersebut tidak akan dapat di terima.

5.AFC atau AFT (Automatic Fine Tuning) merupakan jalur penjaga frekuensi osilator TV agar tetap setabil. apabila jalur ini mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan siaran TV menjadi tidak berwarna.

6. AGC (Automatic Gain Control) merupakan Pin yang berfungsi untuk menjaga penguatan atau pelemahan sinyal yang telah diterima. pada Pin ini jarang sekali mengalami kerusakan. kerusakan yang dapat ditimbulkan ialah chanel jelek atau ada nois.




Penyebab TV tidak ada chanel


Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik