Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab TV ada Gambar Pelangi

Penyebab TV ada Gambar Pelangi



Pada artikel saya kali ini saya akan membahas permasalahan TV tabung yang muncul gambar pelangi, kasus seperti ini biasanya muncul di sudut-sudut layar  yang sudah parah bahkan semua layar membentuk pola warna baru yang muncul sehingga warna tersebut tidak sesuai dengan bentuk gambar yang ditampilkan pada TV.






Penyebab munculnya gambar pelangi atau warna belang pada layar TV diakibatkan oleh elektron di dalam tabung yang berpindah posisi. elektron di dalam tabung yang berpindah posisi atau tidak mengikuti perintah untuk membentuk sebuah warna sehingga membentuk sebuah warna baru di dalam tabung yang dapat kita saksikan pada layar.

Berpindahnya posisi elektron di dalam tabung dapat diakibatkan beberapa hal, di antarnya ialah:

- Tabung yang sudah lemah. dengan kata lain elektron di dalam tabung sudah tidak mampu di sapu atau di gerakan oleh tegangan HV atau kotoda tabung sudah tidak mampu membelokkan elektron untuk membentuk sebuah warna.

- Medan magnet. medan magnet juga berpengaruh pada elektron yang ada di dalam tabung. gaya tarik dan gaya dorong magnet dapat membuat elektron tertarik atau menjauhi medan magnet tersebut. makanya sepiker pada TV selalu tertutup bodi besi yang berfungsi untuk mengurung gaya tarik dan gaya dorong yang di akibatkan magnet pada sepiker.


Baca Juga Beberapa Masalah Pada Siaran atau Chanel TV


- Dgusing tidak bekerja. dgusing merupakan pelindung layar TV tabung yang berfungsi untuk memberikan tegangan kejut agar elektron dalam tabung kembali ke posisinya semula. sirkit ini terdiri dari dua komponen, yaitu kumparan yang dililitkan mengelilingi tabung untuk menghantarkan tegangan kejut ke seluru bagian tabung. berikutnya adalah PTC (Positif Temperatur Coeffisicnt) PTC terhubung dengan salah satu kumparan degusing yang berfungsi untung memutus tegangan kejut pada kumparan. dari kedua komponen tersebut PTC lah yang sering mengalami kerusakan sehingga TV muncul gambar pelangi.

- TV tabung di biarkan selalu dalam keadaan standby. pada umumnya dgusing bekerja ketika tegangan AC baru masuk atau tombol power baru di tekan. sedangkan saat posisi standby tegangan AC terus menerus masuk sehingga tidak memberi kesempatan kepada degusin untuk bekerja. memang ada beberapa merek TV yang dilengkapi dengan relay yang berfungsi untuk menyalakan degusing setelah TV dalam keadaan standby tapi sedikit sekali yang menggunakannya.


Dari penjelasan saya di atas degusing  tidak bekerja yang sering menyebabkan gambar TV tabung muncul pelangi. permasalahan tersebut elalu disebabkan oleh PTC yang telah rusak.

Sekian tulisan saya kali ini yang membahas tentang permasalahan TV tabung yang muncul gambar pelangi.  semoga dapat memberikan pencerahan dan sedikit memberi wawasan kepada kita semua. segala kesalahan dari saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Penyebab gambar tv berpelangi


Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik