Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Flayback Dengan Tipe Lain

Cara Mengganti Flayback Dengan Tipe Lain





Pada kesempatan kali ini saya mendapatkan kerusakan TV Sanyo dengan kerusakan awal TV ini dalam keadaan mati total. Setelah saya lakukan pelacakan ternya Flayback dalam keadaan rusak pada Pin B+ soard.


Langkah-langkah perbaikan


Menganalisa kerusakan

Pertama kita harus memastikan terlebih dahulu apakah flyaback memang banar-benar telah rusak dan pada jalur mana yang telah rusak. Setelah kita menemukan kerusakan flayback berikutnya kita memutuskan apakah kerusakan tersebut mengharuskan kita menggantinya dengan flayback yang baru. Jika kerusakan hanya pada jalur vide, heter dan vcc lain yang masih bisa kita gunakan trik lain untuk mendapatkan Vcc tersebut, gunakan trik tersebut dengan catatan “flayback penganti susah ditemukan di pasaran” namun jika kerusakan yang kita temui mengharuskan kita mengganti dengan flayback yang baru misalnya dengan kerusakan pada Pin Abl, soad pada jalur Vcc B+, tegangan HV dan yang lainnya naik drastis. Pada kasus TV yang saya alami kali ini soad pada jalur B+ dan saya harus menggantinya dengan yang baru.

Mengenali flayback dan alternatif pengganti

Pada TV Sanyo yang saya tangani kali ini menggunakan tipe flayback L40B9000 dengan data Pin flayback

C - B+ - NC – AFC – G – H – ABL – 16V – NC – 180 V

Setelah kita mengetahui data Pin flayback berikutnya kita mencari tipe flaybek penganti atau persamaan bila nanti kita tidak menemui tipe flayback yang kita cari di pasaran, karna memang tipe TV yang saya tangani kali ini jarang dan sparepartnya juga sulit ditemui. Saya memilih alternatif flayback L40B17100 dengan data Pin flayback.

C – B+ - NC – 180 – AFC – G – ABL – NC – H – G

Dan terpaksa saya memilih tipe flayback alternatif karna memang flayback tersebut tidak saya temui setelah pencarian.

Proses perbaikan

Berdasarkan data Pin flayback L40B17100 sebagai pengganti flayback L40B9000 saya harus melakukan perubahan pada jalur PCB karna letak pin nya memang berbeda. Saya melakukan pemotongan jalur PCB sebanyak 4 jalur, dan melakukan 5 pejamperan. Jalur yang saya potong adalah pada Pin AFC – G – H – 180 V dan jalur yang saya jamper adalah pin 4 AFC menjadi 180 V, Pin 5 G menjadi AFC, Pin 6 H menjadi G, Pin 9 NC menjadi H, Pin 10 180 V menjadi G.


Baca Juga Mengenal Komponen Elektronik Transistor


Kesimpulan


Pada kasus TV Sanyo yang saya tangani kali ini dengan kerusakan mati total penyebabnya adalah flayback soard pada jalur B+ sehingga menyebabkan tegangan drop dan let  indikator tidak dapat menyala. saya lakukan penggantian flayback L40B9000 dengan flayback L40B17100 dan TV sudah dapat menyala dengan normal.


Lihat video di Channel Youtube di bawah ini



Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik