Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transistor

Transistor


Mengenal Komponen Elektronik "Transistor"



Transistor adalah komponen semi konduktor. transistor tergolong pada jenis komponen aktif yang membutuhkan arus untuk pengoprasiannya. transistor memiliki berbagai macam fungsi di antaranya adalah sebagai penguat, penyearah, pengendali, modulator, osilator dan lain sebagainya. hampir semua jenis rangkaian elektronik menggunakan transistor di dalamnya seperti Televisi, Radio, Amplifier, Komputer, Ponsel dan masih banyak lagi yang lainya.

Jenis jenis transistor 

Transistor dapat digolongkan menjadi dua bagian Transistor Bipolar BJT (Bipolar Juncition Transistor) dan Transistor Efek Medan FET (Filed Efek Transistor). dari kedua kelompok tersebut terdapat perbedaan pada basis input dan output yang digunakannya. Transistor Bipolar membutuhkan muatan pembawa carrier hole dan elektron sedangkan FET hanya membutuhkan salah satunya.

1. Transistor Bipolar BJT

Transistor Bipolar merupakan komponen elektronika yang terdiri dari tiga lapis bahan semikonduktor. dalam prinsip kerjanya memerlukan perpindahan muatan pembawa elektron di kutub negatif untuk mengisi kekurangan elektron atau hole di kutub positif. Transistor bipolar memiliki dua tipe yaitu.


- Transistor Bipolar tipe PNP


Transistor bipolar tipe PNP terbuat dari dua blok bahan semi konduktor bertipe P dan satu blok bahan bertipe N, transistor PNP hanya akan aktif bila pada kaki basis dikontrol oleh arus negatif dan di saat kondisi aktif transistor PNP akan mengeluarkan arus positif pada kaki kolektornya.




- Transistor Bipolar tipe NPN


Transistor bipolar tipe NPN terbuat dari dua blok bahan semi konduktor bertipe N dan satu blok bahan bertipe P, transistor NPN hanya akan aktif bila pada kaki basis dikontrol oleh arus positif dan di saat kondisi aktif transistor NPN akan mengeluarkan arus negatif pada kaki kolektornya.







2. Transistor Efek Medan FET (Field Effect Transistor)


Transistor Efek Medan adalah jenis Transistor yang menggunakan medan listrik untuk mengendalikan konduktifitasnya. Transistor Efek Medan dibuat dari beberapa bahan semi konduktor, pada umumnya terbuat dari bahan silikon. berikut ini jenis-jenis Transistor Efek Medan.

Simbul Transistor Efek Medan FET





- JFET (Junction Field Effect Transistor) adalah Transistor Efek Medanyang menggunakan persimpangan (junction) p-n bias terbalik sebagai isolator antara Gerbang (Gate) dan Kanalnya. JFET terdiri dari dua jenis yaitu JFET Kanal P (p-channel) dan JFET Kanal N (n-channel).

MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) adalah Transistor Efek Medan yang menggunakan Isolator (biasanya menggunakan Silicon Dioksida atau SiO2) diantara Gerbang (Gate) dan Kanalnya. MOSFET ini juga terdiri dua jenis konfigurasi yaitu MOSFET Depletion dan MOSFET Enhancement yang masing-masing jenis MOSFET ini juga terbagi menjadi MOSFET Kanal-P (P-channel) dan MOSFET Kanal-N (N-channel).

MESFET (Metal Semiconductor Field Effect Transistor)FET Semikonduktor logam menggantikan sambungan p-n pada JFET dengan sawar Schottky, digunakan pada GaAs dan bahan semikonduktor lainnya.

UJT (Uni Junction Transistor) adalah jenis Transistor yang digolongkan sebagai Field Effect Transistor (FET) karena pengoperasiannya juga menggunakan medan listrik atau tegangan sebagai pengendalinya. Berbeda dengan jenis FET lainnya, UJT mememiliki dua terminal Basis (B1 dan B2) dan 1 terminal Emitor. UJT digunakan khusus sebagai pengendali (switch) dan tidak dapat dipergunakan sebagai penguat seperti jenis transistor lainnya.

- HEMT (High Electron Mobility Transistor) Transistor Pergerakan Elektron Tinggi juga disebut HFET (heterostructure FET, FET Struktur Campur). Material celah, jalur, lebar yang dikurangi penuh membentuk isolasi antara gerbang dan badan.

IGBT (Insulated-Gate Bipolar Transistor) adalah peranti untuk pengendali daya tinggi. mempunyai struktur mirip sebuah MOSFET yang digandengkan dengan kanal konduksi utama yang mirip transistor dwikutub. sering digunakan pada tegangan operasi cerat ke sumber antara 200-3000 V.

FREDFET (Fast Reverse/Recovery Epitaxial Diode Field Effect Transistor) adalah sebuah FET yang didesain khusus untuk memberikan kecepatan pemulihan (pematian) yang sangat cepat dari dioda badan.

ISFET (Ion Sensitife Field Effect Transistor) digunakan untuk mengukur konsentrasi ion pada larutan, ketika konsentrasi ion (seperti PH) berubah, arus yang mengalir melalui transistor juga berubah.

DNAFET adalah FET khusus yang berfungsi sebagai sebuah biosensor, dengan menggunakan gerbang yang dibuat dari molekul salah satu helai DNA untuk mendeteksi helaian DNA.


Baca Juga Data Set Dioda Damper

Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik