Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trafo Listrik

Transformator Listrik



Trafo
Transformer




Trafo atau transformator merupakan sebuah peralatan listrik yang dapat mengubah bentuk energi listrik menjadi energi yang lain. Tegangan listrik yang dihasilkan oleh transformator dihasilakan oleh lilitan sekuander yang terdapat pada tranformator.

Transformator terbentuk dari sebuah lialitan kawat yang dililitkan pada sebuah inti besi. yang memiliki dua buah lilitan yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder.

Kumparan primer (NP) merupakan sebuah lialitan yang terdapat pada satu sisi inti besi, lilitan ini merupakan jalur masukan tegangan listrik.
Kumparan Sekunder (NS) merupakan lilitan kawat yang terdapat pada sisi lain dari inti besi, lilitan ini menjadi jalur keluaran dari tegangan listrik yang dihasilkan.

Prinsip Kerja Transformator


Prinsip kerja tranformator ialah pada saat kumparan sekunder teraliri arus listrik balak-balik (AC) sehingga memberikan induksi elektromagnetik pada inti besi. dengan demikain pada lilitan sekunder akan terinduksi dan menghasilkan arus listrik yang besarnaya dipengaruhi dari jumlah lilitan didalamnya.


Jenis transformator



  • Trafo step up


transformator step up merupakan tranformator yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan listrik dari suatu sumber listrik. trafo step up  biasa digunakan sebagai penghubung trafo generator ke grig pada tegangan listrik.

  • Trafo Step Down


Transformator step down berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik dari satu level ke level yang lebih rendah. trafo step down banyak kita jumpai pada jalul listrik PLN yang digunakan sebagai penuarun tegangan 220 yang digunakan pada peralatan listrik rumahtangga.


  • Trafo Satu Fasa


Transformer satu fasa adalah trafo yang hanya memiliki satu jalur  kumparan perimer dan satu jalur kumparan sekunder. pada trafo satau fasa pada kumparan primer trahubung pada tegangan sumber dan pada kumparan sekunder terhubung pada beban.


  • Trafo Tiga Fasa


Transformer tiga fasa merupakan sebuah trafo yang bekerja menggunakan tiga fasa daya listyrik. trafo ini tersedia dalam berbagai konfikurasi yaitu delta-start, start-delta dan start-start delta-delta.

trafo tiga fasa memiliki tiga set kumparan primer dan sekunder dalam satu unit dengan membentuk konfigurasi start atau delata.


  • Trafo Daya


Transformer daya merupakan sebuah trafo yang digunakan untuk megubah daya dari satu rangkain  ke rangakain lain tanpa merubah frekuensinya. trafo ini bekerja berdasarkan prinsip kerja timbal balik.

Trafo daya bekerja mengubah tegangan pada satu rangkaian tanpa mengubah arus dalam rangkaian tersebuat. sehingga trafo daya digunakan pada listrik tegangan tinggi dengan arus yang kecil dan mengubah menjadi listrik trgangan renddah dengan arus yang besar.


  • Trafo Distribusi


Transformer distribusi merupakan sebuah trafo yang digunakan dalam perubahan tegangan terahir dalam sistem distribusi tegangan listrik. trafo distribusi digunakan pengubah tegan tinggi menjadi tegangan yang dibutuhkan pelanggan.




Tiang Dusun
Tiang Dusun YtReparasi merupakan salah satu situs yang membahas tentang elektronik, jaringan listrik. mengenal berbagai komponen elektronik dan cara memperbaiki, merakit berbagai peralatan elektronik dan juga jaringan listrik.