Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Saklar dan Stop kontak

 Cara memasangan Saklar dan Stop kontak



Kualitas pada jaringan listrik merupakan suatu kebutuan yang seharusnya kita terapkan pada instalasi listrik di rumah kita. untuk mencapi hal tersebut banyak faktor yang harus kita penui pada instalsi di rumah kita. faktor-fajtor tersebuat diantaranya ialah kualiatas kabel, stop kontak, saklar, mcb dan juaga teknik penyambungan. jika hal-hal tersebut terpenui maka instalasi di rumah kita dapat dikatakan berkualiatas baik. sehingga kita dapat terhindar deri terjadinya sengatan arus listrik, kebakaran yang disebabkan oleh terjadinya arus pendek, dan juga jangaka waktu pengunaan instalsi lebih panjang.


Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa sekema dalam pemasangan stop kontak, saklar seri, saklar tunggal, saklar + stop kontak. mari kita perhatikan pada gambar di bawah ini.


Cara Memasang Saklar Tunggal atau Engkel

Saklar Tunggal
Cara Memasang Saklar Tunggal


Pada gambar di atas merupakan contoh instalsi saklar tunggal, simbol (L) merupakan jalur arus listrik dan simbol (N) merupakan jalur netral.


Cara Memasang Saklar Seri atau Dobel


Saklar Seri
Cara Memasang Saklar Seri


Pada gambar di atas merupakan contoh pemasangan saklar Seri, simbol (L) merupakan jalur arus listrik yang menuju ke saklar seri atau saklar ganda dan dua kabel menuju ke lampu. yang harus kita perhatikan pada pemasngan saklar seri ialah kawat jumper yang digunakan sebagai pemberi tegangan ke saklar disebelahnya, jika jumperan ini tidak kita temukan maka tambahkanlah. dan pada simbul (N) merupakan jalur netral.



Cara Memasang Stop kontak


Stop Kontak
Cara Memasang Stop Kontak



Gambar di atas merupakan contoh memasangan stop kontak dengan instalsi grounding. Simbol (L) merupakan jalur arus listrik, simbol (N) merupakan jalur netral dan simbol (G) merupakan jalur ground, ground gigunakan sebagai pengaman dari kebocoran arus, jalur ini sangat penting jika kita menggunakan alat memiliki body yang dapat menghatarkan arus listrik seperti pompa air, strika listrik, megiccom dan lain sebagainya.



Cara Memasang Saklar + Stop kontak


Sklar + Stop Kontak
Cara memasang Sklar + Stop Kontak




Sekema di atas merupakan contoh gambar pemasangan stop kontak + saklar, Pada simbol (L) merupakan jalur arus listrik dan simbol (N) merupakan jalur netral. pada jenis setop kontak + saklar di atas tidak mimiliki jalur ground jadi sebaiknya jangan gunakan pada peralatan yang memerlukan ground.




Demikian sedikit penjelasan dari kami tantang instalasi saklar seri, saklar tunggal, stop kontak dan stop kontak + saklar. semoga dapat menambah pengetaun anda tentang instalasi listrik.


Tiang Dusun
Tiang Dusun YtReparasi merupakan salah satu situs yang membahas tentang elektronik, jaringan listrik. mengenal berbagai komponen elektronik dan cara memperbaiki, merakit berbagai peralatan elektronik dan juga jaringan listrik.