Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skema Power Supplay dan Cara Menggabung Trafo

 Skema Power Supplay CT non CT dan Cara Menggabung Trafo


Power Supply Unit (PSU) atau catu daya. Meskipun mungkin terlihat sederhana, PSU berperan penting dalam memastikan bahwa semua bagian pada perangakt elakronik Anda mendapatkan daya yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Mari kita lihat lebih dekat tentang apa itu power supply dan mengapa ini begitu penting dalam dunia komputasi.


Apa itu Power Supply?


Power Supply Unit (PSU) adalah perangkat keras yang bertugas untuk mengubah arus listrik dari sumber daya listrik menjadi arus yang sesuai untuk digunakan oleh perangkat elektronik. Ini biasanya dilakukan dengan mengonversi arus listrik AC (arus bolak-balik) dari stop kontak menjadi arus DC (arus searah) yang dibutukan perangkat elektronik. Nilai tegangn AC akan berubah setelah di konversi ke tegangan DC dengan rumus Vdc = Vac X 1,4.


Contoh: 

Sebuah trafo memiliki tegangan 45 volt ac berapa tegangan dc nya.

    Rumus: Vdc = Vac x 1,4

                            45 x 1,4 = 63 volt DC


Gunakan elco pada setiap catu daya dc sebagai penampung muatan listrik sementara dengan perbandingan arus 1 amper sidiakan 2200 mikrofarad (µF)

Setelah Kita memahami tentang power supplay, berikutnya kita pahami beberapa sekema power supplay yang dapat kita terapkan untuk menyediakan catu daya yang dibutukan sebuah rangkaian. pada sekama dibawah kami akan memberikan beberapa contoh sekama power supplay ct, power sypplay non ct, cara mengabung trafo ct dan cara mengabung 2 trafo non ct.


  •  Skema Power Supplay Non CT 



Power Supplay Non CT
Skema Poawer Supplay Non CT



Sekama power supplay ditas merupakan rangakain power supplay non ct yang dapat kita rangkai dari sebuah trafo ct. rangakain di atas dapat digunakan untuk membuat cas aki dari trafo ct.


  • Skema Power Supplay CT



Power Supplay CT
Skema Power Supplay CT



Skema diatas merupakan sebuah rangkaian power supplay ct yang dapat kita terapakn untuk menyediakan catu daya ct.



  • Cara Menambah Tegangan Trafo



Menambah Volatase Trafo
Cara Menambah Volatase Trafo





Pada rangkaian sekama diatas! merupakan sebuah rangkaian power supplay non ct yang kita bentuk untuk meningkatkan tegangn trafo dan juga meningkatkan voltase Elco menjadi lebih besar dengan hasil output non ct.


  • Cara Menambah Kapasitansi Elco



Menambah Kapasitas Elco
Cara Menambah Kapasitas Elco



Rangakaian diatas merupakan sebuah power supplay ct yang kita susun denagan jumlah elco 6 buah untuk mendapatakan kapasitas elco yang lebih besar.


  • Cara Menggabung Trafo Non CT



Cara Menggabung Trafo
Cara Mnggabung Trafo Non CT



Contoh rangakain diatas merupakan sebuah rangkaian power supplay non ct dengan cara menggabung 2 trafo untuk mendapatakn arus keluaran yang lebih besar.


  • Cara Menggabung 2 Tarafo Non CT



Menggabung 2 Trafo
Cara Menggabung 2 Trafo Non CT



Skema rangkaian di atas merupakan sebuah rangakaian power supplay ct yang kita hasilkan dari sebuah trafo non ct.

  • Cara Menggabung 2 Tarafo Non CT

menggabung 2 Trafo
Cara Menggabung 2 Trafo CT



Contoh sekema di atas merupakan sebuah rangakaian power supplay ct yang kita rangkai dari sebuah trafo ct untuk meningkatkan tegangan keluaran yang lebih besar.


  • Cara Menggabung Tarafo CT



Menggabung Trafo CT
Cara Menggabung Trafo CT





Pada cotoh rangkaian di atas merupakan sebuah contok rangkaian power supplay ct dengan cara mengabung 2 trafo ct dan menggunakan 2 dioda untuk mendapatkan arus yang lebih besar.








Tiang Dusun
Tiang Dusun YtReparasi merupakan salah satu situs yang membahas tentang elektronik, jaringan listrik. mengenal berbagai komponen elektronik dan cara memperbaiki, merakit berbagai peralatan elektronik dan juga jaringan listrik.