Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Bagian-bagian Speaker

Fungsi dan Bagian-bagian Speaker



Bagian-bagian Speaker
Speaker



Speaker atau Loudspeker murupakan alat Elektronik yang banyak kita jumpai di sekitar kita. hampir disetiap waktu kita memanfaatkan komponen elektronik yang satu ini, meskipun kita tidak menyadari keberadaanya. didalam perangkat elektronik yang sering kita jumpai dikeseharian kita terdapat Speaker, seperti  di Handphone, Laptop, Televisi dan Peranagkat Elektronik lain yang memiliki audio system.


Fungsi Speaker


Speaker atau Loudspeker merupakan sebuah alat elektronik yang dapat merubah sinyal listrik atau elektrik menjadi frekuensi audio suara yang dapat ditangkap oleh indra pendengaran.

Adanya suara yang dihasilkan Speaker disebapkan oleh fluktuasi tekanan udara yang ditimbulkan oleh adanya gerakan atau getaran suatau obyek. ketika suatau obyek bergetar atau bergerak maka akan menghasilkan energi kinetik pada partikel udara disekitarnya sehingga dapat menghasikan frekuensi tertentu.

Frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi pada rentan waktu satu detik. frekuensi dipengarauhi kecepatan getaran suatu obyek yang menghasilkan suara, semakin cepet obyek bergetar semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan.



Baca Juga Tentang Jenis-jenis Filter Subwofer



Bagian-Bagian Speaker


Loudspeker
Speaker


1. MAGNET

Magnet yang terdapat pada sebuah speaker berfungsi untuk memberikan interakasi pada voice coil disaat ada sinyal listrik yang melewatinya sehinnga menghasilakan sebuah geteran.


2. VOICE COIL

Voice Coil atau yang disebut dengan Sepul merupakan bagian dari speaker yang berfungsi untuk menerima sinyal listrik yang dihasilakan oleh suatu perangakat. Voice Coil yang benerima sinyal listrik menyebakan terjadinya proses elektromagnetik yang menghasilakan iterakasi pada Magnet sehingga terjadi tarik menarik atau tolak menolak bergantung pada sinyal yang ia terima.


3. SPIDER

Spider berfungsi untuk mengatur posisi voice coil agar tetep berda pada posisinya disaat saat terjadi tarik menarik atau tolak menolak pada voice coil. juaga menahan voice coil dan cone agar tidak terdorng atau tertarik secara ofer.


4. CONE

Cone sering juga disebuat dengan daun speaker, cone pada speker berfungi untuk meneruskan getaran yang dihasilkan Voice Coil senhingga dapat menimbulkan frekuensi pada partikel udara disekitarnya. semakin besar sebuah cone atau daun sepiker maka semakin banyak pertikel udara yang ia getarkan.


5. SUSPENSION

Suspension pada speaker berfungsi untuk mengembalikan cone pada posisinya setelah terjadi getaran yang dihasilkan oleh voice coil. suspension juga terhubung ke kerangak speaker sehingga menjadikan voice coil dan cone terus berda pada posisinya meski terjdi getaran yang terus menerus.


Baca Juga Macam-macam Jeck



Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik