Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Timing Control (T-Con)

 Timing Control (T-Con)


T-Con
Timing Control (T-Con)

Pada artikel kami sebelumnya kami telah membehas mengenei Panel TV LED yang telah mengupas cara kerja sebuah Panel LCD. diantaranya menjelaskan mengenai pixel, dimana semakin besar jumlah pixel semakin banyak transitror yang terdapat didalamnya dan semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. dalam kerja pixel dia akan menyala secara bergantian dengan kecepatan yang sangat tinggi. dalam susunan pixel  yang dipasang pada bagian atas layar yang disusun secara horizontal disebut dengan (Colum Driv) atau X Driv, sedangakan susunan pixel  yang dipasang pada bagian samping layar disusun secara sejajar secara vertikal disebut dengan (row Driv) atau Y Driv.

Timing Control (T-Con)

T-Con merupakan sebuah papan yang terbubung dengan Pnel LCD yang disambungkan dengan sebuah kabel Flatwirw, Sedangkan dari Main Boart digunakan kabel LVDS sebagai penghubiung menuju T-Con.

Dalam sebuah sistem pengaturan hidup dan penentu kecerahan pixel, dimengunakan sistem Mulus Active-Metrix yang dikerjakan sebuah modul  Muling-Control. pada pada umumnya T-Con menggunakan tegangan suplay 12 volt, dengan cara kerja. Menyalakan setiap pixel secara bergantian, menentukan kecerahan setiap pixel berdasarkan gambar.

Resolusi tinggi dari sebuah layar LCD dengan banyaknya transitror didalamnya tentulah menbutuhkan banyak sekali sambungan elektroda XY driv. untuk mengrangi banyaknya sambungan kabel menuju T-Con, maka digunakanlah Reduced Swing Defferetial Signal (RSDS). Sirkit RSDS ini menggunakan beberap IC Driver yang yang dipasang pada kabel Flat-Wirw IC ini berkerja pada sekitar tegangan 3 Volt.