Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blacklight TV LED

 Blacklight TV LED


Blacklight
Blacklight TV LED


Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa informasi seputar Backliht TV LED. jika kita telah menguasai dasar-dasar dari sebuah rangakaian Backliht TV LED maka kita akan lebih mudah dalam menganalisa kerusakan, memcari penyebab awal kerusakn sebuaha Backliht, Mencegah terjadinya kerusakan.

Mari kita masuk pada pokok pembahasan kita kali ini.


1. Sebuah Rangkaian Backlihat TV LED haruslah memiliki sepesifikasi yang baik agar menghasilakan sebuah gambar yang bagus. Sepesifikasi yang harus dimiliki sebuah Backliht ialah. Menghasilakan warna putih yang terang dan menyebar keseluruh bagian Layar TV LED, Memiliki kombinasi Britnes dan Kontras gambar yang bagus.


2. Penggunaan lampu pada Backliht TV LED pada awal diperkenalakannya sebuah TV LED masih menggunakan Lampu Cold Cathode Flourence Lamp (CCFL) adalah sebuah lampu yang memiliki bentuk bulat memanjang, mirip dengan Lampu neon namun dengan ukuran yang lebih kecil. seiring dengan perkembangan TV LED kini hampir semua TV LED telah meninggalkan Cold Cathode Flourence Lamp (CCFL) dan beralih menggunakan Light Emiting Diode (LED) sebagai lampu latar sebuah TV. Penggunaaan Light Emiting Diode (LED) sangatlah memberikan dampak positif bagai perkembangan TV LED. dampak-dampak positif yang diperoleh diantaranya ialah. Usia Lampu latar lebih panjang, Suhu yang dihasilkan lebih rendah, konteras dan Britnes yang lebih bagus, Konsumsi daya yang lebih rendah.


3. Usia sebuah TV LED banyak ditentukan dari usia sebuah lampu latar. pada umumnya sebuah TV LED kebanyakkan mengalami masalah awal ialah pada rangkaian Backliht. pada usia pemakaian antara 20 ribu - 30 ribu jam lampu latar akan mulai mengalami masalah pngurangan cahaya sekitar 50% dan bahkan bisa lebih dari itu.

  • Faktor-faktor yang dapat mempengrui usia lampu latar diantaranya ialah. kecerahan yang diberikan ofer dan berkepanjangan, Suhu dan kelembaban yang tinggi.
  • Untuk mendapatkan usia lampu latar yang panjang beberapa perangakat TV LED telah menyediakan berbagai protrksi penghemtan daya dengan kata laian secara otomataisl, Perangakat akan menurunkan kecerahan lampu latar sehingga perangkat bekerja lebih ringan. protektor backliht merupakan sirkit yang akan menonaktifkan Backliht apabila kerjanya telah melebiha batas ketentuan yang diijinkan perangkat tersebut.


4. Modul Inverter Lampu Latar merupakan suatau blok bagaian perubah tegangan DC 12 - 24 volt menjadi tegangan AC Frekuensi tinggi yang berkisar antara 50 - 100 KHZ dengan tegangan antara 1000 - 4000 volt.


Baca Juga Panel LCD


  • Jenis kerusakan lampu Backliht atau deriver Backliht dapat menimbulkan gejala dientaranya ialah.

  1. Layar Gelap tidak tampak gambar mesikipun tv dalam keadaan normal dan suara keluar.
  2. Layar menyala sesaat kemudian tv kembali standby.
  3. Layar meredup.
  4. Sebagaian layar gelap atau cahaya hanya ada pada beberapa titik layar.
  5. Britnes tidak merata ke seluruh layar.

  • Untuk mengetaui Lampu latar dalam keadaan hidup atau tidak kita dapat menengk pada sisi panel belakang layar, jika tida ada nyala yang terlihat pada beberapa lubang yang terdapat pada panel belakang layar bertai layuar tidak menyala.
  • Sirkit Protektor Backliht aktif diantara penyebabnya adlah.

  1.  Salah satau lampu Backliht telah matai.
  2.  Salah satau driver FET Backliht mengalami kerusakan.
  3.  Salah satau trafo perubah tegangan tinggi mengalami kerusakan.
  4.  Tegangan tinggi yang dihasilakn mengalami over.

  • Beberapa penyebab lampu Backliht tidak menyala dapat disebabkan karna.

  1.  Konektor lampu Backliht Renggang.
  2.  VCC untuk driver Backlihat tidak ada
  3.  Fuse pada inventer mengalami putus.
  4.  Tegangan dari micro controler sebagai perintah Backliht ON/OFF yang menuju driver backliht tidak ada.
  5.  Blok inventer mengalami kerusakan.
  6.  Lampu LED mati.



Demikian sedikait penjelasan dari kami, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik