Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MCB (Miniatur Circuit Breaker)

 MCB (Miniatur Circuit Breaker)


MCB (Miniatur Circuit Breaker)
MCB (Miniatur Circuit Breaker)



MCB (Miniatur Circuit Breaker) merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam instalasi listrik, baiak perumahan sampai industari dapat kita temukan alat ini. Dari yang bertipe 1 fasa 2 fasa dan 3 fasa, MCB (Miniataur Circuit Breaker) berfungsi sebagai pemutus arus lidtrik baik yang disebabkan karana arus pendek atau juga sering disebaut short circuit atau korsleting. dan juga apat disebabkan karn arus maksimal yang melewati MCB telah mencapai pada titik break, seperti yang telah tertera pada MCB.


Cara kerja MCB dalam memutus arus listrik

Dalam sebuah rangakaian MCB (Miniatur Circuit Breaker) memiliki dua metode dalam memutus arau listrik yang disebut dengan Magnetic Triping dan Thermal Tripping.

mari kita bahas dari kedua kondisi tersebut.


Baca Juga Tentang Saklar Tukar


Magnetic Triping


Cara Kerja Mcb dalam memutus arus
Magnetic Triping



Dalam kondisi ini akan bekerja ketika terjadi hubungan singkat arus listrik atau korsleting. dalam kondisi ini MCB (Miniatur Circuit Breaker) menghasilkan meden magnet yang sangat kuat dalam kumparan Solenoid sehinga mendorong katub utuk merubah posisi MCB dalam keadaan OFF.


Termal Triping


Cara Kerja Mcb dalam memutus araus
Termal Triping



Dalam kondisi ini akan terjadi apabila beban yang melaluai Bimetal telah mencapai batas maksimal sehingga suhun didalam MCB (Miniatur Circuit Breaker) naik menyebabkan Bimetal tersebut menjadi melengkung dan menarik katup sehingga menyebabkan MCB berubah posisi menjaddi OFF.


Baca Juga

Kontaktor

Cara Menghitung Biaya Liatrik



Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik