Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Kabel Listrik

 Jenis-Jenis Kabel Listrik


Kabel Listrik
Jenis-Jenis Kabel Listrik



Helow sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tulisan yang akan membahas berbagai jenis kabel dalam instalasi listrik beserta kekurangan dan kelebiahanya, semoga dapat menambah pengetauan sahabat semua dan juaga dapat menjadi referesi sobat semua dalam menentukan jenis kabel yang dapat sobat gunakan untuk keperluan dalam instalasi.



Kabel NYA


NYA
Kabel NYA


Kabel NYA merupakan kabel yang memiliki tembaga tungal yang dilapisi isolator PVC tunggal. kabel ini sering di guanakan dalam instalasi listrik daya rendah hingga menengah. dalam pengaplikasiannya kabel NYA membuatauahan isolatar tambahan seperti pipa listrik untuk mendaptakan keamannan yang lebih baik.

Saklar Tunggal dan Saklar Seri


Kabel NYAF


NYAF
Kabel NYAF

Kabel NYAF merupakan kabel yang memiliki tembaga serabut yang di lapisi isotor PVC tunggal. kabel ini begitu fleksibel sehingga sangat cocok di gunakan dalam perakiatan Panel Listrik dan lain sebagainya yang membutuhkan kabel dengan fleksibilitas tinggi.



Kabel NYM


NYM
Kabel NYM

Kabel NYM merupakan kabel yang memiliki tembaga tunggal yang di susun menjadi satu dan di lapisi isolatr yang berwarana putih. dengan kata lain Kabel NYM adalah Kabel NYA yang di susun menjadi satu dan di lapisi isolator tambahan, sehingga Kabel NYM memiliki tembaga tungal lebih dari satu jalur. kabel ini di gunakan sebagai instalasi listrik ruangan yang tahan terhadap kelembaban.


Cara Menghitung Biaya Liatrik


Kabel NYMHY

NYMHY
Kabel NYMHY

Kabel NYMHY merupakan kabel yang memiliki tembaga serabut yang di susun menjadi satu. dengan kata laian Kabel NYMHY merupakan Kabel NYAF yang di susun menjadi satu dan di lapisi isolatr tambahan yang beiasanya berwarna putih, sehingga Kabel NYMHY memiliki tembaga serabut lebih dari satu jalur. Kabel NYMHY sering di gunakan dalam instalasi yang membutuhkan ke fleksibelan dalam ruangan.



Kabel NYY

NYY
Kabel NYY

Kabel NYY merupakan kabel yang memiliki tembaga tunggal yang di susun menjadi satau dan di lapisi isolatr yang biasanya berwarna hitam. dengan kata lain Kabel NYY adalah Kabel NYA yang di susun menjadi satau dan di lapisi isolatar tambahan sehingga Kabel NYY memiliki jalur tembaga tunggal lebih deri satu. Kabel NYY seperti halnya Kabel NYM namun Kabel NYY memiliki isolatar yang lebih baik dari Kabel NYM sehingga baik di gunakan pada ruangan terbuka.


Cara Membuat Panel Listrik Sounds System


Kabel NYYHY


NYYHY
Kabel NYYHY


Kabel NYYHY merupakan kabel yang memiliki tembaga serabut yang di susun menjadi satau dan di lapisi isolatr yang biasanya berwarna hitam. dengan kata laian Kabel NYYHY merupakan Kabel NYAF yang di susun menjadi satu dan di lapaiasi isolatar sehingga Kabel NYYHY memiliki tembaga serabut lebih dari satu jalur. Kabel NYYHY seperti halnya Kabel NYMHY namun Kabel NYYHY memiliki isolatar yang lebih baiak dari Kabel NYNHY sehingga baik di gunakan pada ruangan terbuka.



Kabel BC

BC
Kabel BC

Kabel BC kepanjangan dari Bare Core merupakan kabel tembaga yang tidak memiliki isolatar. kabel ini biasanya di gunakan sebagai Grounding dan juaga penangkal petir.



Kabel SR atau Kabel Twisted


SR atau Twisted
Kabel SR atau Kabel Twisted

Kabel SR atau Kabel Twisted merupakan kabel saluran udara tegangan rendah yang sering kita temui di gunakan PLN dalam menghubungkan jalur listrik dari tiang ke KWH pelanggan. kabel jenis ini berbahankan almunium dengan isolatar pvc yang tahan terhadap cuaca. Kabel SR atau Twisted memilkiki 2 jalur yang menghubungkan dari tiang listrik ke pelanggan, memiliki tanda kasar dan bualt mulus untuk membedakan jalur Netral dan Phas.


Baca Juga Jenis-jeneis Jeck