Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IC Regulator

IC Regulator


 IC Regulator atau sering juga disebut IC Voltage Regulator. Komponen ini sering kita jumpai pada perangakat elektronik yang membutuhkan tegangan sumber yang setabil, seperti Mikro Controler atau Mikro prosesor. fungsi utama dari komponen ini merupakan penyetabil tegangan untuk mensuplay perangakat yang membutuhkan tegangan yang setabil. sering juga digunakan sebagai pengatur tegangan yang dibutukan sebuah perangkat.


Mari kita bahas lebih jauh tentang IC Regulator atau IC Voltage Regulator ini. kita mulai dari jenis-jenis IC Regulator, IC Regulator memiliki 2 jenis yaitu IC Regulator yang bekerja pada Tegangan DC- dan IC Regulator yang bekerja pada tengangan DC+. Dari jenis fisik IC Regulator juga memiliki 2 jenis yaitu IC Regulator yang memiliki 3 Pin kaki dan IC Regulator yang memiliki 5 Pin kaki. sedangkan berdasarkan dari fungsi dan cara kerja IC tersebut dapat dibedakan menjadi 3 jenis. mari kita lanjtkan pembahasannya di bawah ini.


1. IC Regulator Tegangan Tetap 78xx 79xx



LM7805
L7805CV




 IC Regulator Tegangan Tetap atau Fixed Voltage Regulator adalah IC Regulator yang memiliki tegangan out yang tetap. IC Regulator jenis ini telah ditetapkan tegangan outnya dan telah tertera pada bodi IC tersebut. Misalnya IC Regulator DC+ 7805 berati IC Regulator tersebut memiliki tegangan out +5 Volt, 7806 akan memiliki tegangan out +6 volt, 78XX 2 angka didepan menunjukan Tegangan DC (+/-) sedangakan 2 angka dibelakang menunjukan tegangan yang dihasilkan. dengan catatan tegangan input harus lebih tinggi dari tegangan out. Sementar untuk IC Regulator DC- memiliki kode 7905 akan memiliki tegangan out -5 volt dan 7912 akan memiliki tegangan -12 volt dengan catatan tegangan input harus lebih besar dari tegangan out. mari kita perhatikan gambar dibawah.


Fixed Voltage Regulator
Fixed Voltage Regulator




Cara Memasukan Token Listrik


2. IC Regulatotr Tegangan yang Dapat di Adjust LM317 LM337



LM317 LM337
LM317T



 Ic Regulator yang tegangan out dapat di ubah atau Adjustable Voltage Regulator merupakan IC Regulator yang tegangan outnya dapat kita sesuwaikan dengan kebutuan. biasanya kisaran tegangan out antara 1,2 volt hingga 37 volt. IC Regulator jenis ini juga dapat di aplikasikan pada tegangan DC simetris dengan kode komponen LM317 untuk jenis IC regulator DC+, sedangakan untuk kode IC Regulator DC- menggunakan kode LM337. dari sedikit penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan IC Regulator jenis ini membutuhkan komponen external untuk menentukan tegangan keluarannya. dapat kita perhatikan pada gambar di bawah.


Adjustable Voltage Regulator
Adjustable Voltage Regulator





3. IC Regulator Tegangan Beralih LM2596



LM2596
LM2596T



 IC Regulator Tegangan Beralih atau Switching Voltage regulator merupakan IC Regulator yang dapat mempertahankan tegangan keluaran dengan proses Switching, sehingga IC Regulator jenis ini akan memiliki evisiensi energi yang lebih baik jika dibandingakan dengan kedua jenis IC Regulator diatas. namun IC regulator ini akan membutuhkan Induktor untuk membangkitkan energi listrik yang ia hasilkan.


IC Regulator Tegangan Beralih
IC Regulator Tegangan Beralih




Data Pin IC DS3231


Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik