Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerusakan Warna Pada TV Tabung atau CRT (Cathode Ray Tube)

 Kerusakan Warna Pada TV Tabung atau CRT (Cathode Ray Tube)


Seiring dengan perkembangan zaman  ikut berkembang pula berbagai peralatan elektronik. TV tabung atau CRT (Cathode Ray Tube) juga tidak luput dari perkembangannya. Sejak ditemukannya pesawat televisi hingga kini terus mengalami perkembangan, dari  TV tanpa warna atau hitam putih  hingga menjadi TV berwarna dan terus berkembang lagi menjadi TV LED.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tentang berbagai penyebab kerusakan pada warna TV khususnya pada TV tabung atau CRT (Cathode Ray Tube). Warna pada TV tabung atau CRT terbentuk dari  tiga unsur warna yaitu Red, Blue, Green  RGB. Ketiga warna tersebut sebagai warna dasar yang membentuk berbagai warna yang dapat kita lihat dilayar TV .

Jenis-jenis kerusakan warna yang sering dialami pada TV tabung.

1.       . Salah satu atau dua warna TV hilang

Hilangnya salah satu atau dua warna pada TV sering kali diakibatkan oleh beberapa permasalahan berikut..

- Transiator penguat warna putus, transistor ini terletak pada PCB RGB yang menempel pada belakang tabung.

- Sinyhal warna hilang, hilangnya sinyal warna dapat diakibatkan oleh Dioda Sort atau putus, Resistor Putus atau sort, capasitor sort atau IC Croma rusak.

- Kotoda tabung lemah atau putus.


 Baca Juga Data PIN IC LA7687A

2.

       

S    Salah satu warna lebih dominan

Untuk kerusakan warna yang lebih dominan ini sering kali di tandai dengan munculnya garis-garis pada layar TV. Kerusakan seperti ini dapat diakibatkan oleh.

- Transistor  penguat warna sort. Apabila transistor ini sort maka tegangan pada kotoda tabung akan drop sehingga warna menjadi lebih dominan.

- Dua sinyal warna hilang. Hilangna kedua sinyal warna mengakibatkan salah satu warna lebih dominan.

- Kotoda tabung sort atau resistansinya berubah.


Demikian tulisan saya kali ini yang membahas khusus pada kerusakan warna pada TV. Masih banyak jenis-jenis kerusakan yang  berkaitan dengan warna TV namun pada tulisan ini saya khususkan tentang kerusakan warna yang berhubungan langsung dengan sinyal warna RGB yang dikirimkan menjadi sebuah gambar pada layar TV. Mudah-mudahan yang sedikit ini banyak memberi manfaat bagi kita semua.



Tv gambarnya hanya merah


 

Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik