Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengupas permasalahan jalur ABL (Automatic Bright Limiter)

ABL (Automatic Bright Limiter)


ABL Merupakan sebuah sirkit pengatur bright pada TV CRT agar level bright tidak over dengan kata lain sirkit ini berfungsi untuk mengontrol kinerja flayback agar tidak mengeluarkan arus yang berlebih baik arus anode maupun tegangan yang lain yang dihasilkan flayback sehingga dapat memperpanjang umur CRT maupun flayback itu sindiri. pada beberapa tipe Ic Chroma pin ABL difungsikan juga sebagai pengatur level contras yang disebut dengan sirkit ABCL (Automatic Brightness Contrass Limiter)


Contoh Skema Rangkaian ABL


Mengupas permasalahan jalur ABL (Automatic Bright Limiter)
Mengupas permasalahan jalur ABL (Automatic Bright Limiter)



Kerja sirkit ABL

- Tegangan VCC ABL sebesar +5 volt mengalir menuju EHT 

- Jika level bright gambar kecil maka  arus anoda juga kecil dan tegangan pada angka titik (9) tidak berubah, bright normal dan pada Pin ABL tidak terpengaruh.

- Apabila level bright gambar naik maka arus anoda juga ikut naik maka tegangan pada jalur angka (9) akan drop dan tegangan 5 volt pada R 581 akan drop. Tegangan pada Pin ABL juga akan ikut drop maka  IC Chroma akan menurunkan lefel bright sehingga arus anoda akan turun atau normal sehingga gambar tidak jadi sangat terang.

Kerusakan sirkit ABL

- Jika R581 putus maka tegangan pada titik jalur angka (9) akan menjadi nol sehingga level bright jadi nol (layar gelap).

- Jika C582 short ke ground maka tegangan pada titik angka (9) akan drops menjadi nol dan layar menjadi gelap.

- Jika C582 kering maka tegangan pada titik angka (9) tidak setabil menyebabkan gambar terang redup.

- Jika R536 atau R582 ada yang putus maka jalur arus anode CRT akan putus akibatnya akan terjadi loncatan api pada kaki ABL flyback.

- Jika R506 putus maka Pin ABL menjadi tidak berfungsi bright tidak dapat terkontrol. Dapat mengakibatkan flyback dan CRT cepat rusak.


Baca Juga Data Sheet dan Tegangan IC 8821


 Catatan 

- IC Chroma pada Pin ABL memiliki tegangan sendiri jika pada Pin ABL IC Chroma tidak ada tegangan berati IC telah rusak.

- VCC pada ABL flayback dapat diambil dari tegangan B+ atau yang lain, bila tegangan yang digunakan semakin besar nilai hambatannya semakin besar juga.

- Jika ada sebuah sebuah resistor pada jalur ABL yang terbakar menandakan tegangan HV telah naik pertanda flayback mau rusak ataupun telah rusak.



Kunjungi

Youtube Channel