Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Transistor Horizontal Jebol Terus

Penyebab Transistor horizontal jebol terus



Transistor horizontal jebol terus
 Transistor horizontal jebol terus





Helow sobat terima kasih telah berkunjung,
Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya memperbaiki TV cina transistor horizontal jebol terus.

Pada kasus TV kali ini sebenarnya TV ini baru saja saya perbaiki beberapa hari yang lalu dengan kerusakan flayback, dan setelah dibawa pulang dan dinyalakan beberapa jam di rumah TV ini kemudian mati total dan dibawa kembali ke tempat saya. seperti yang telah saya jelaskan di atas TV ini transistor horizontalnya jebol terus di ganti jebol lagi. 

Langsung saja ya kita masuk ke perbaikan, di sini saya langsung melakukan pengantian kapasitor demper yang biasanya sering menjadi penyebab transistor horizontal jebol.
Setelah penggantian kapasitor lalu saya pasang transistor horizontal dan saya lakukan pengetesan setelah kabel AC saya tancapkan sambil mengukur tegangan b+ dan ternyata tegangan b+ drop dan transistor jebol lagi.

Kesimpulan saya berarti kapasitor demper bukan penyebab transistor horizontal yang jebol. kemudian saya lepas transistor dan saya kembalikan kapasitornya. kemudian saya lanjutkan pengukuran tegangan, baik tegangan b+ tegangan buat horizontal driver dan semua nampak normal-normal saja.
Berikutnya saya mengarah IC croma pada Pin fbp in di situ saya mendapati sebuah kapasitor keramik dengan nilai 4,7 Nf/472 di situ terlihat salah satu kaki kapasitor dalam keadaan kroasi.






Langsung saja saya ganti dengan kapasitor milar karna stok kapasitor keramik dengan nilai tersebut memang tidak ada di rak komponen saya.
Setelah kapasitor saya pasang, tidak lupa transistor horizontal dengan tipe D2499 juga saya pasang kemudian saya lakukan pengujian.
Alhamdulillah TV sudah menyala transistor tidak jebol lagi.
 







Selesai. TV sudah menyala dengan normal dan transistor tidak jebol-jebol lagi.


Teruslah berusaha kara setelah kesulitan itu ada kemudahan, sekian dulu teman-teman perbaikan TV saya kali ini, apabila banyak kesalahan dari saya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.



Saksikan juga pada video di bawah.