Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Jenis Kapasitor

Fungsi dan Jenis Kapasitor



Mengenal Komponen Elektronik KAPASITOR
Mengenal Komponen Elektronik KAPASITOR



Kapasitor adalah komponen pasif yang dapat menyimpan muatan listrik dalam jangka waktu tertentu. kapasitor juga sering disebut kondensator terbuat dari dua konduktor yang di pisahkan oleh bahan penyekat, jenis dari bahan penyekat yang di gunakan juga menjadi pembeda dari jenis kapasitor tersebut . 

Kemampuan dalam menyimpan muatan kapasitor disebut dengan kapasitansi dengan satuan Farad, satuan Farad adalah satuan terbesar kapasitor dalam menyimpan muatan sedangkan kemampuan terkecil kapasitor dalam menyimpan muatan di sebut dengan satuan Piko Farad. mari kita perhatikan simbol di bawah ini :

Farad              =      (F)

Mikro Farad         (µF)

Nano Fara       =      (NF)

Piko Farad      =      (PF)

- 1 F                =      1.000.000 µF

- 1 µF              =      1.000 NF

- 1 Nf               =      1.000 PF


Dalam pengoprasian dalam sebuah rangkaian, kapasitor di simbolkan dengan huruf (C), selain dapat menyimpan muatan kapasitor juga dapat di fungsikan sebai penyaring frekuensi, juga dapat digunakan sebagai peredam bunga api dalam sebuah kontak arus listrik.

Kapasitor di bedakan menjadi 2 dari jenis kapasitansinya :

1.Kapasitor Tetap

Kapasitor tetap adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya tetap yang telah tercantum pada bodi kapasitor tersebut. kapasitor tetap terbagi menjadi dua jenis yaitu :


Kapasitor Polar

Kapasitor polar adalah kapasitor yang memiliki polaritas atau kutub kaki positif dan kutub kaki negatif. untuk pin kaki positif maupun negatif dapat di bedakan dari panjang kaki komponen, untuk pin kaki positif lebih panjang dari pin negatif dan pada bodi telah memiliki ciri masing-masing. dalam pengoprasianya kapasitor jenis ini jangan sampai terbalik.

Simbol Kapaitor Polar.

simbol kapasitor polar








Berikut ini jenis kapasitor polar :

- Kapasitor Elektrolit

Kapasitor elektrolit juga sering disebut Elco, terbuat dari bahan elektrolit yang dipisahkan oleh pelat isolator. Kapasitor ini memiliki kapasitansi dari 0,1 µF sampai 100.000 µF yang banyak ditemui di pasaran. Memiliki batas voltase dari 6,5 volt sampai 400 volt, kapasitor ini juga memiliki batas maksimal suhu yang dapat merusak kapasitor tersebut bila terlampaui.

- Kapasitor Tentalum

Kapasitor tentalum sama seperti kapasitor elektrolit tetapi menawarkan kapasitansi yang lebih besar dengan bodi yang kecil.




Kapasitor Non Polar

Kapasitor non polar adalah kapasitor yang tidak memiliki pin polaritas . Jadi untuk pengaplikasian kapasitor jenis ini tidak bermasalah jika terbalik. 

Simbol Kapasitor Non Polar.

simbol kapasitor non polar





Berikut jenis-jenis dari kapasitor non polar :

- Kapasitor Milar

Kapasitor milar terbuat dari bahan dielektrik milar, kapasitor jenis ini memilik ketahanan yang baik pada voltase besar dan baik ketahanannya terhadap frekuensi yang sering berubah-ubah.

- Kapasitor Keramik

Kapasitor keramik terbuat dari bahan dielektrik keramik, memiliki bentuk yang lebih ramping di bandingkan dengan kapasitor milar. kapasitor jenis ini juga memiliki ketahanan yang baik pada voltase tinggi dan baik digunakan sebagai folter frekuensi.

- Kapasitor Kertas

Kapasitor kertas terbuat dari bahan dielektrik kertas, kapasitor jenis ini tidak cukup baik pada suhu tinggi dan juga tidak memiliki ketahanan pada voltase besar.

- Kapasitor Mika

Kapasitor mika  terbuat dar bahan dielektrik mika.

2. Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat kita rubah dengan cara memutar tuas pada kapasitor variabel tersebut. 

Simbol kapasitor veaiabel.


















Jenis Kapasitor Variabel.

- Varco

Varco adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat diatur dengan menggeser luas bidang elektroda yang saling berhadapan, kapasitor variabel umumnya bahan dielektriknya terbuat dari udara. nilai kapasitansinya kisaran 100 PF sampai 500 PF.


- Trimmer

Trimmer merupakan kapasitor variabel dengan nilai kapasitansi kuarang dari 100 PF, biasa digunakan pada gelombang frekuensi.