Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Fungsi Dioda

Jenis dan Fungsi Dioda



Dioda
Jenis Dioda


Dioda merupakan komponen aktif yang terbuat dari bahan semikonduktor berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari satu arah dan membatasi arus listrik dari arah sebaliknya. dioda memiliki dua kutub, positif disebut anoda dan kutub negatif disebut kotoda. ketika sebuah arus listrik melawati sebuah dioda yang semulanya merupakan arus AC atau arus bolak-alik maka arus tersebut akan menjadi arus DC atau arus searah jadi dioda sering juga disebut penyearah.

Dioda memiliki jenis dan bentuk yang bermacam-macam bermacam-macam pula fungsi dan kegunaannya. Berikut ini jenis-jenis dioda :



1. Dioda Normal

Dioda normal sering digunakan sebagai penyearah tegangan dalam rangkaian power supply dan rangkaian frekuensi radio RF.

Simbol Dioda Normal



2. Dioda Bridge

Dioda bridge merupakan gabungan dari empat buah dioda normal yang dikemas dalam satu kemasan, dioda ini digunakan sebagai catu daya power supply sebagai penyearah tegangan AC menjadi tegangan DC.

Simbol Dioda Bridge




3. Dioda Zener

Dioda zener merupakan sebuah dioda yang dirancang dapat melewatkan arus listrik pada kondisi bias balik (revarse bias), apabila sebuah dioda zener dilewati tegangan yang telah melampaui batas breakdown maka tegangan akan mengalir dalam keadaan bias balik. dioda zener juga dapat di fungsikan seperti dioda normal.

Simbol Dioda Zener





4. Dioda LED

Dioda LED atau Light Emitting Dioda merupakan dioda yang dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika dialiri tegangan dalam keadaan bias maju (forward bias).

Simbol Dioda LED




5. Dioda Foto

Dioda foto merupakan sebuah dioda yang dapat mengubah energi cahaya menjadi energi listrik, dioda ini sering di fungsikan sebagai sensor.

Simbol Dioda Foto




Baca Juga Data Pin IC Vertikal dan Persamaan


6. Dioda Laser

Dioda laser merupakan dioda yang dapat memancarkan cahaya koheren ketika dialiri listik dalam keadaan bias maju (forward bias).

Simbol Dioda Laser




7. Dioda Schottky

Dioda schottky merupakan dioda yang bias maju (forward bias) lebih rendah dari dioda normal.

Simbol Dioda Schottky




8. Dioda Varactor 

Dioda varactor merupakan dioda yang memiliki sifat kapasitas yang berubah-ubah sesuai dengan tegangan yang diberikan.

Simbol Dioda Varactor




9. Dioda Tunnel 

Dioda tunnel disebut juga dioda terowongan merupakan jenis dioda yang mampu beroprasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan mampu beroprasi pada gelombang mikro (microwav).

Simbol Dioda Tunnel






Baca Juga Mengenal Komponen Elektronik KAPASITOR
Tiang Dusun
Tiang Dusun Teknisi peralatan elektronik