Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis jenis Kapasitor

Jenis jenis Kapasitor dan Fungsinya



Kapasitor
Jenis jenis Kapasitor


Kapasitor adalah komponen pasif yang dapat menyimpan muatan listrik dalam jangka waktu tertentu. kapasitor juga sering disebut kondensator terbuat dari dua konduktor yang di pisahkan oleh bahan penyekat, jenis dari bahan penyekat yang di gunakan juga menjadi pembeda dari jenis kapasitor tersebut . 

Kemampuan dalam menyimpan muatan kapasitor disebut dengan kapasitansi dengan satuan Farad, satuan Farad adalah satuan terbesar kapasitor dalam menyimpan muatan sedangkan kemampuan terkecil kapasitor dalam menyimpan muatan di sebut dengan satuan Piko Farad. mari kita perhatikan simbol di bawah ini.


Kapasitansi Kapasitor


Farad              =      (F)

Mikro Farad         (µF)

Nano Fara       =      (NF)

Piko Farad      =      (PF)

- 1 F                =      1.000.000 µF

- 1 µF              =      1.000 NF

- 1 Nf               =      1.000 PF


Dalam pengoprasian dalam sebuah rangkaian, kapasitor di simbolkan dengan huruf (C), selain dapat menyimpan muatan kapasitor juga dapat di fungsikan sebai penyaring frekuensi, juga dapat digunakan sebagai peredam bunga api dalam sebuah kontak arus listrik.

Kapasitor di bedakan menjadi dua jenis dari nilai kapasitansinya :


A. Kapasitor Tetap

Kapasitor tetap adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya tetap dan telah tercantum pada bodi kapasitor tersebut. kapasitor tetap terbagi menjadi dua jenis yaitu :


1. Kapasitor Polar


Kapasitor polar adalah kapasitor yang memiliki polaritas atau kutub kaki positif dan kutub kaki negatif. untuk pin kaki positif maupun negatif dapat di bedakan dari panjang kaki komponen, untuk pin kaki positif lebih panjang dari pin negatif dan pada bodi telah memiliki ciri masing-masing. dalam pengoprasianya kapasitor jenis ini jangan sampai terbalik.


Simbol Kapasitor Polaritas


Kapaitor Polaritas
Simbol Kapasitor Polar



Jenis Kapasitor Polar :


  • Kapasitor Elektrolit (Elco)


Elco
Kapasitor Elektrolit (Elco)


Electrolit Capacitor, atau yang sering disebut dengan elco, merupakan salah satu jenis kapasitor yang memanfaatkan elektrolit untuk mencapai kapasitansi yang lebih besar daripada jenis kapasitor lainnya pada ukuran yang sama. Jenis kapasitor ini terdiri dari dua elektroda yang terpisah oleh bahan isolator yang disebut dielektrik. Elco memiliki beberapa kelebihan, seperti kapasitansi yang tinggi dalam ukuran fisik yang relatif kecil dan biaya produksi yang rendah.


  • Kapasitor Tentalum


Kapasitor Tentalum
Kapasitor Tentalum

Kapasitor tantalum adalah jenis kapasitor elektrolitik yang menggunakan tantalum sebagai bahan dasarnya. Kapasitor tantalum banyak digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik, termasuk perangkat portabel, perangkat medis, komunikasi nirkabel, dan peralatan industri, di mana ukuran yang kecil dan stabilitas yang tinggi sangat dihargai.




2. Kapasitor Non Polar

Kapasitor non polar adalah kapasitor yang tidak memiliki pin polaritas . Jadi untuk pengaplikasian kapasitor jenis ini tidak bermasalah jika terbalik. 


Simbol Kapasitor Non Polaritas.



Simbol Kapasitor Non Polar
Simbol Kapasitor Non Polaritas


Jenis Kapasitor Non Polar :

  • Kapasitor Milar


Kapasitor Milar
Kapasitor Milar

Kapasitor milar, atau kadang-kadang disebut sebagai kapasitor polipropilena milar, adalah jenis kapasitor yang menggunakan bahan dielektrik berupa polipropilena. Polipropilena adalah jenis plastik yang memiliki sifat dielektrik yang sangat baik, yang berarti mereka mampu menyimpan muatan listrik dengan baik. Kapasitor milar sering digunakan dalam berbagai aplikasi elektronika karena kombinasi keunggulan dalam kestabilan, ketahanan panas, dan kemampuan menangani frekuensi tinggi.


  • Kapasitor Keramik


Kapasitor Kramik
Kapasitor Kramik

Kapasitor keramik terdiri dari bahan dielektrik yang diapit di antara dua pelat logam. Dielektrik yang paling umum digunakan adalah keramik, yang menjadikan nama pada jenis kapasitor ini. Material dielektrik memainkan peran penting dalam menentukan kapasitansi, tegangan kerja, dan stabilitas termal kapasitor. Kapasitor keramik digunakan untuk berbagai tujuan dalam sirkuit elektronik, termasuk penyaringan, penyimpanan energi, dan kopling. Kapasior karamik memiliki keunggulan dalam hal ukuran yang kecil, tegangan kerja tinggi, dan dapat bekerja di frekuensi yang tinggi, membuatnya ideal untuk perangkat elektronik yang membutuhkan komponen kecil namun andal.


  • Kapasitor Kertas


Kapasitor Kertas
Kapasitor Kertas

Kapasitor kertas adalah jenis kapasitor yang menggunakan kertas sebagai dielektrik yang memisahkan dua konduktor dalam kapasitor. Kertas yang digunakan adalah kertas khusus yang memiliki kemampuan dielektrik dan sebagai konduktor menggunakan foil logam yang dipasang pada kedua sisi kertas sehingga menciptakan struktur lapisan. Kapasitor kertas memiliki keandalan, umur panjang, dan kemampuan menangani frekuensi tinggi sehingga membuatnya tetap relevan dalam dunia teknologi elektronik saat ini.


  • Kapasitor Mika


Kapasitor Mika
Kapasitor Mika

Kapasitor mika adalah jenis kapasitor yang menggunakan mika sebagai bahan dielektriknya. Mika adalah bahan dielektrik yang memiliki sifat isolator listrik yang baik dan dapat menahan tegangan tinggi. Ini membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam aplikasi yang memerlukan penahanan tegangan tinggi. Kapasitor mika memiliki banyak kegunaan di berbagai bidang, mulai dari sirkuit penguat hingga sistem penyimpanan energi.


  • Kapasitor NP

Kapasitor NP
Kapasitor NP

Kapasitor elektrolit non-polar (NP) adalah jenis kapasitor elektrolit yang tidak memiliki polaritas tertentu, yang berarti mereka dapat digunakan dalam sirkuit AC (arus bolak-balik) maupun DC (arus searah). Mereka berbeda dengan kapasitor elektrolit polar yang hanya dapat digunakan dalam satu arah arus tertentu. Kapasitor elektrolit non-polar biasanya terbuat dari dua elektroda logam yang disisipkan ke dalam elektrolit cair atau pasta yang memiliki konduktivitas listrik tinggi.


  • Kapasior MKP


Kapasitor MKP
Kapasitor MKP


Kapasitor MKP atau Kapasitor Polipropilena Metalized adalah jenis kapasitor film polipropilena yang memiliki lapisan logam yang disepuh pada kedua sisinya. Lapisan logam ini digunakan sebagai elektroda yang memungkinkan penyimpanan muatan listrik. Material polipropilena yang digunakan sebagai dielektrik memberikan kapasitor MKP karakteristik yang sangat baik dalam hal kestabilan termal, keandalan, dan ketahanan terhadap tegangan tinggi.


  • Kapasitor Running dan Starting


Kapasitor Runing Dan Starting
Kapasitor Runing Dan Starting


Kapasitor motor running adalah tipe kapasitor yang dirancang khusus untuk digunakan pada motor listrik, terutama pada motor induksi AC. Kapasitor ini ditempatkan secara paralel dengan gulungan medan motor (biasanya pada gulungan start) untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja motor. Kapasitor motor running adalah komponen penting dalam sistem motor listrik yang memiliki peran krusial dalam meningkatkan efisiensi, kinerja, dan umur motor.

Kapasitor Starting berfungsi untung mengatasi hambatan awal saat motor listrik memulai putaran. Kapasitor starting menyediakan perbedaan fase yang diperlukan untuk memulai putaran motor. Kapasitor starting terhubung secara paralel dengan gulungan winding starting motor. Saat motor dihidupkan, kapasitor ini menghasilkan fase tambahan yang diperlukan untuk menciptakan medan putar yang memulai gerakan rotor. Jadi nilai kapasitor yang digunakan sebagai starting lebih besar daripada nilai kapasitor yang digunakan sebagai runing.

2. Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat kita rubah dengan cara memutar tuas pada kapasitor variabel tersebut. 


Simbol Kapasitor Veriabel.


Kapasitor Veriabel
Simbol Kapasitor Veriabel


Jenis Kapasitor Variabel.

  • Kapasitor Varco


Kapasitor Varco
Kapasitor Varco

Kapasitor Varco biasanya terdiri dari dua konduktor yang dipisahkan oleh bahan dielektrik. Dalam kapasitor varco, mekanis perubahan kapasitansi terjadi dengan memutar atau memindahkan salah satu konduktor terhadap yang lain, mengubah luas permukaan yang saling berdekatan. Kapasitor varco nilai kapaasitansinya juga dapat dikendalikan oleh sinyal tegangan atau arus yang diberikan ke perangkat tersebut.


  • Kapasitor Trimmer


Kapasitor Trimmer
Kapasitor Trimmer

Kapasitor trimmer, atau sering disebut juga sebagai trimmer capacitor, adalah komponen elektronik yang memiliki kemampuan untuk mengubah kapasitansi dengan mengatur nilai kapasitansi secara manual. Komponen ini umumnya digunakan dalam rangkaian elektronik untuk menyesuaikan frekuensi, menyetel osilasi, atau menyesuaikan respons frekuensi dari suatu rangkaian.





Tiang Dusun
Tiang Dusun YtReparasi merupakan salah satu situs yang membahas tentang elektronik, jaringan listrik. mengenal berbagai komponen elektronik dan cara memperbaiki, merakit berbagai peralatan elektronik dan juga jaringan listrik.